fbpx
Home Anyaman Rasa AKAR CINTA (MAHABAH)
AKAR CINTA (MAHABAH)

AKAR CINTA (MAHABAH)

0
0

AKAR CINTA (MAHABAH)

Apa yang terpikir ketika melihat gelembung? Saat hujan lebat  turun  rintiknya jatuh di atas permukaan air sungai. Reaksi alamiahnya adalah munculnya gelembung-gelembung air yan g memenuhi aliran sungai. Personifikasi gelembung ibarat gelora hati yang terguncang oleh dorongan untuk bertemu dengan pujaan hatinya. Gelora dari gelembung air umpama gelisahnya hati yang kasmaran. Mahabah bermakna gelembung-gelembung kasih yang menganak di aliran sungai hati yang selalu merindu.

Apa yang terpikir ketika melihat unta? Padang pasir tandus terbentang dari satu arah mata angin menuju arah yang lainnya. Unta menjadi hewan yang paling tangguh untuk mengarungi perjalanan dengan medan yang berat. Ketahanannya menahan deraan terik matahari yang menjadikan hewan ini idola bagi para musafir. Dan ketika unta telah selesai menunaikan tugasnya hewan ini akan memanjakan diri dengan minum sepuasnya dan duduk santai dalam waktu yang lama. Menderumkan diri adalah posisi paling enak yang dilakukan unta ketika dia sudah sangat lelah, dalam posisi ini unta akan sangat susah untuk mau bangkit. Begitulah mahabah digambarkan oleh Abu Muhammad Al Faq’asi dalam bait syairnya. Mahabah menjadi sebuah kantung rindu yang sulit untuk keluar dari lubuk hati terdalam. Ia akan merajuk bersemayam dalam qalbu meski berbagai macam upaya dilakukan untuk mengusir kerinduan.

Apa yang terpikir ketika melihat barisan gigi putih menawan? Biaya salon untuk merawat gigi dengan kwalitas terbaik bisa dipastikan mencapai angka yang sungguh menarik. Proses veneer atau bleaching menjadi idola bagi para pemburu kecantikan artificial. Biaya yang dikeluarkan untuk dua proses pemeliharaan gigi berbanding lurus dengan hasil yang sangat memuaskan. Harga bukan menjadi penghalang untuk sebuah cita ideal, menampilkan barisan gigi putih sehat bersinar.

Siapa pun yang menjadi orang tua generasi milenial mungkin sangat akrab dengan cerita membersihkan gigi dengan menggunakan abu gosok. Atau mungkin anda pernah mengalaminya? Namun semua proses modernisasi pemeliharaan gigi di atas bukan untuk mewakili makna Mahabah. Orang Arab mendefinisikan mahabah seperti barisan gigi yang sehat dan bersih secara alami. Dan begitulah mahabah itu seperti barisan cinta putih yang membuat seseorang menjadi mabuk kepayang.

Apa yang terpikir ketika melihat sesuatu yang jernih? Sebuah ketulusan yang sebuah entitas atau hal atau sesuatu yang bersifat kebendaan yang berkaitan erat dengan sebuah hubungan yang tidak saling melukai atau membohongi. Realita kejernihan dalam konteks berpikir akan melahirkan tindakan yang selaras antara pikiran dan tindakan. Kerjernihan air menjadi sebuah fakta dimana siapapun yang bertatap muka di permukaan air dia akan menjadi cermin yang jujur. Dan begitulah mahabah diartikan para ahli bahasa untuk mengungkapkan bagaimana cinta akan tumbuh dengan tidak saling menyakiti satu sama lain. Cinta adalah tentang kejernihan hati yang rasanya akan sampai dan diterima dengan hati yang jernih.

 

 

 

 

 

 

 

PESONA ARUNIKA

Sorot  arunika melepaskan lilitan selendang bulan

melemparkan manja halimun di balik dedaunan

bisik lirihnya mengurai dekapan awan

memoles kanvas pagi bersolek dengan bibir menawan

candala rerumputan menjeremba langit mantra

memohon kemukus  menurunkan bala tentara

jangan biarkan pagi riang mengiring sorai genta

mengundang kicau sofran kutilang bersorak ria

doa rerumputan mengapung di ruang dirgantara

mengundang awan hitam bergerombol di balik hujan

kaki kaki lentik menari di bawah rintik terbuai ritme asmara

menikmati sajian harmoni desau risauku yang kasmaran

biarkan aku menatap pancaran kirana

menelisik  asmara di kelok labirinmu wanita

mengasing di keramaian lembaran kisah buana

menyatu menyelami kedalaman samudera cinta

duhai asmaraloka rindu itu menyiksa

aku terlantar di kegelapan belantara lara

ketiadaanmu menyayat  kelopak, bunga

cinta yang  mengembang di angkasa

duhai cinta menarilah di bawah tangis awan

sirami sisa jerami di hamparan huma

menapaki pematang menyambung titian

menyusun simfoni esok bersama-sama

Lihatlah aliran gelora buana

pesona arunika menggelar sajadah dhuha

mengumpulkan pernik pernik mutiara doa

menaburkan restu alam tanpa cela

sambutlah riuh gelombang samudera

riak buih berkejaran di tepian

mengusir cemburu camar yang merona

sirnakan duka tak berkesudahan

 

 

 

 

 

 

Quotes

Cinta abadi adalah rasa yang menggetarkan qalbu tanpa tergantung ruang dan waktu

 

 

Tangerang Selatan, 5 Maret 2021

Coach Tata

 

 

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: